If I Were


Beberapa saat lalu, seorang anak berumur 11 tahun mengkritik Justin bieber. Dalam lagu berjudul "Boyfriend", Justin Bieber menulis kalimat pengandaian "Andai aku pacarmu" dengan "If I was your boyfriend." padahal seharusnya adalah "If I were your boyfriend"

Ini membuktikan bahwa belum tentu orang berbahasa inggris juga mempunyai kemampuan berbahasa inggris yang bagus juga.

Apakah sebenarnya If I were itu? If I were adalah kalimat pengandaian. Namanya saja pengandaian, berarti hal itu tidak pernah terjadi. Kata ini juga bisa digunakan untuk memberi saran kepada seseorang.

Apakah penggunaan "was" salah? Tidak juga. Tergantung dari maksudnya. Tetapi jika yang dimaksud pengandaian, maka harus memakai "were". Dalam ilmu berbahasa inggris, ini disebut Subjunctive.

Gunakan "If I were" jika pengandaiannya TIDAK MUNGKIN TERJADI. Sebagai contoh, katakan "Andai aku burung, aku akan terbang ke langit biru."  dengan:

"If I were a bird, I would fly to blue sky".

Anda tidak boleh mengatakan :

If I was a bird......

sebab Anda tidak mungkin menjadi burung.
 Contoh:
  1. If I were rich, I buy a big house
    Kalau aku kaya, aku membeli sebuah rumah yang besar
  2. If I were you, I  would marry her.
    Kalau aku jadi kamu, aku kan menikahinya.
  3. If I were bald, I would always wear a hat.
    Kalau aku botak, aku akan selalu memakai topi.
  4. If she were more beautiful
    Andai dia lebih cantik.
  5. All I could say was that if I were in his position I would not talk to them
    Yang dapat saya katakan, kalau aku di posisinya aku tidak akan berbicara pada mereka.
  6. If I were you, I wouldn't tempt those alligators by swimming here.
    Kalau aku jadi kamu, aku tidak akan menggoda buaya-buaya itu dengan berenang di sini.
  7. If your father were alive, he would be happy to see you succeed.
    Andai ayahmu masih hidup, dia akan bahagia melihatmu sukses.
  8. If you were my girlfriend, I would never let you cry.
    Andai kamu pacarku, aku tak akan membiarkan kamu menangis.
  9. If this baby were my son, I would love him so much.
    Andai bayi ini puteraku, aku akan sangat mencintainya.
  10. If you were single, would you marry me?
    Andai kamu masih bujang, apakah kamu akan menikahiku?

If I Were Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Good Dreamer

0 komentar:

Posting Komentar